Beranda | Artikel
Menggapai Ampunan Allah dalam Doa sebelum Tidur
Selasa, 8 Oktober 2024

Islam telah mengajarkan kepada kita berbagai amalan dan doa yang dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala serta meraih ampunan-Nya. Salah satu amalan yang sangat penting dan memiliki keutamaan besar adalah doa-doa yang dibaca sebelum tidur, sebagai bentuk ibadah dan pengharapan ampunan dari Allah Ta’ala.

Di antara banyaknya doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, ada satu doa yang memiliki keutamaan agung. Doa ini, apabila kita membacanya sebelum tidur, akan menjadi sebab diampuninya dosa-dosa kita, meskipun dosa-dosa tersebut sebanyak buih di lautan.

Betapa besarnya rahmat Allah Ta’ala yang diberikan kepada hamba-Nya yang senantiasa berusaha untuk mengingat-Nya sebelum beristirahat di malam hari.

Dari Ibnu Hibban, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa membaca (doa) ketika dia menuju ke tempat tidurnya,

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهَ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ، سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ وَلاَ إِلَهَ إلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

LAILAHA ILLALLAHU WAHDAHU LASYARIKALAH, LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU, WAHUWA ‘ALA KULLI SYAI’IN QADIR. LAHAULA WALAQUWWATA ILLA BILLAH. SUBHANALLAHI WALHAMDULILLAHI WALAILAHA ILLALLAHU WALLAHU AKBAR.

‘Tidak ada Ilah (sesembahan yang berhak disembah), kecuali Allah. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nyalah segala kerajaan dan pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah. Mahasuci Allah, segala puji bagi-Nya. Tidak ada Ilah yang berhak disembah, selain Allah. Allah Mahabesar.’

Maka, (dengan membaca doa itu), akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah, walaupun dosa-dosanya itu sebanyak buih di lautan.” (HR. Ibnu Hibban no. 5528. Disahihkan oleh Syekh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah no. 3414)

Keutamaan doa sebelum tidur

Doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ini memiliki beberapa keutamaan, antara lain:

Pertama: Menghapuskan dosa-dosa

Allah Ta’ala dengan rahmat-Nya yang luas menjanjikan ampunan dosa bagi hamba-Nya yang membaca doa ini sebelum tidur. Meskipun dosa-dosa tersebut sebanyak buih di lautan, Allah tetap akan mengampuni sebagai bentuk kasih sayang Allah kepada hamba-Nya yang senantiasa berusaha untuk mengingat-Nya, bahkan sebelum tidur. Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang, dan salah satu cara untuk meraih ampunan-Nya adalah dengan membaca doa ini secara istikamah setiap malam.

Kedua: Memperkuat tauhid

Doa ini mengandung pengakuan tauhid yang agung, yakni:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ

yang berarti, “Tidak ada Zat yang berhak disembah, kecuali Allah.

Kalimat ini merupakan kalimat tauhid yang menjadi inti dari agama Islam. Ucapkan dan rutinkanlah kalimat zikir ini sebelum tidur, maka insyaAllah, dengannya kita telah memperbaharui kembali ikatan kita dengan Allah –hablum minallah– dan mempertegas keyakinan bahwa hanya Dialah satu-satunya Zat yang berhak disembah dan dimintai pertolongan.

Ketiga: Mengingat kekuasaan Allah

Pengakuan bahwa segala kerajaan dan pujian hanya milik Allah, serta Dia Mahakuasa atas segala sesuatu, mengingatkan kita akan kebesaran dan kekuasaan Allah yang tiada bandingannya. Maka, dengan senantiasa mengingat-ingat kekuasaan Allah ini, hati kita menjadi tenang dan tentram, karena kita tahu bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini berada di bawah kendali dan kehendak Allah.

Baca juga: Sunah-Sunah Tidur yang Sering Dilalaikan Sebagian Kaum Muslimin

Keempat: Memperkuat ketergantungan kepada Allah

Di dalam doa ini juga terdapat kalimat,

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

yang artinya, “Tidak ada daya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah.

Kalimat ini mengingatkan kita bahwa segala kekuatan dan kemampuan kita hanyalah berasal dari Allah. Tidak ada daya upaya yang mampu kita lakukan, kecuali dengan izin dan pertolongan-Nya. Oleh karena itu, sebelum tidur, kita kembali menyerahkan diri dan seluruh urusan kita kepada Allah dengan harapan mendapatkan pertolongan dan perlindungan dari-Nya.

Kelima: Mengamalkan doa ini secara istikamah

Saudaraku yang dirahmati oleh Allah, sungguh besar keutamaan doa ini. Namun, keutamaan ini hanya dapat kita raih jika kita berusaha untuk mengamalkannya dengan istikamah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sangat mencintai amalan yang dilakukan secara konsisten, meskipun sedikit. Oleh karena itu, kita pun hendaknya berusaha untuk selalu membaca doa ini setiap kali hendak tidur.

Tentu saja, selain membaca doa ini, kita juga dianjurkan untuk membaca doa-doa lainnya yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Doa-doa sebelum tidur merupakan salah satu bentuk zikir yang dapat membuat hati kita senantiasa terhubung dengan Allah dan menjauhkan kita dari gangguan setan.

Di antara doa-doa lain yang bisa kita amalkan adalah membaca ayat kursi, surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, serta doa penutup yang sering dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sebelum tidur.

Semoga Allah Ta’ala memudahkan kita untuk senantiasa istikamah dalam mengamalkan doa-doa sebelum tidur ini. Kita berharap mudah-mudahan Allah mengampuni dosa-dosa kita, terlebih lagi jika dosa-dosa tersebut sebanyak buih di lautan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah memberikan tuntunan yang jelas bagi kita dalam beribadah dan berdoa. Oleh karena itu, sebagai umat yang mencintai beliau, mari kita amalkan apa yang telah beliau ajarkan kepada kita dengan penuh keikhlasan dan harapan akan rida Allah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلاَّ قَالَ الْمَلَكُ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلاَنٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا.

Barangsiapa yang tidur dalam keadaan bersuci, maka malaikat akan berada di sisinya. Apabila ia bangun, malaikat akan berdoa, ‘Ya Allah, ampunilah hamba-Mu ini, karena ia tidur dalam keadaan bersuci.’” (HR. Ibnu Hibban no. 1051)

Semoga kita semua termasuk hamba-hamba-Nya yang mendapatkan ampunan dan rahmat-Nya di dunia dan di akhirat. Amin, ya Rabbal ‘alamin.

Wallahu a’lam bis-shawab.

Baca juga: Doa Sebelum Tidur

***

Penulis: Fauzan Hidayat


Artikel asli: https://muslim.or.id/98224-menggapai-ampunan-allah-dalam-doa-sebelum-tidur.html